Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran oleh Disdamkar di PA Magelang

Magelang – Pengadilan Agama Magelang Kamis, 23 September 2021 mengadakan sosialisasi dan simulasi penanganan bencana kebakaran. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Magelang.

 

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua PA Magelang Hermin Sriwulan, S.H.I., M.H. di ruang Media Center. Selanjutnya petugas dari Disdamkar yang dikoordinir oleh Komandan Damkar Yansen Tambunan secara bergantian menyampaikan teori penanggulangan kebakaran.

Dalam penyampaiannya, Yansen menekankan adanya sikap tenang dalam memadamkan api/kebakaran.

“Pada dasarnya kebakaran yang terjadi baik itu besar mau pun kecil, tergantung pada sikap kita. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah tidak sembrono dan ketakutan secara berlebihan. Jika kita sudah tenang, maka kita akan bisa mengontrol dan mengambil langkah antisipatif. Berbeda jika kita sudah ketakutan atau tidak tenang, hal itu justru akan menyebabkan hal yang fatal,” tegasnya.

Selanjutnya dilakukan simulasi pemadaman api di halaman kantor. Hal pertama yang dilakukan adalah memadamkan kompor dan gas yang terjadi kebocoran gas. Secara bergantian mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan beberapa pegawai mengikuti simulasi/praktek memadamkan kebocoran pipa gas yang terkoneksi kompor.

Tak hanya itu, setelah berhasil melakukan simulasi pemadaman kebocoran gas pada kompor para aparatur secara bergantian juga memadamkan kebakaran dalam skala lebih besar dalam media khusus.

Awalnya simulasi dilakukan cukup dengan alat sederhana (karung dibasahi), selanjutnya menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.

Kontributor : Sapuan, Editor : Hermin