Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Tim APM PA Magelang Laksanakan RTM Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2021

Magelang – Kamis (23/09/2021) bertempat di Media Center Pengadilan Agama Magelang dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tahun 2021. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksnaan Assesment Internal yang dilaksanakan sebelumnya oleh Tim Penjaminan Mutu (TPM).

Rapat berlangsung mulai Pukul 10:30-12:00 WIB dan dihadiri Ketua Pengadilan Agama Magelang, Hermin Sriwulan S.H.I, S.H., M.H.I. sebagai Top Manajemen, Wakil Ketua Sapuan S.H.I., M.H. sebagai Ketua Tim Penjaminan Mutu (TPM), Hakim sebagai Koordinator Assesor Internal yakni Muhamad Ainun Najib, S.H. Hadir pula Adhi Kurniawan, S.Kom bertindak sebagai Sekretaris TPM sekaligus Sekretaris Assessor Internal. Serta dihadiri Tim Survey Kepuasan Masyarakat dan Tim Pengendali Dokumen.

Kegiatan rapat ini bertujuan untuk melihat data tahun lalu sebagai acuan untuk penilaian APM tahun 2021. Ada beberapa agenda yang diagendakan dan dibahas dalam RTM tersebut, di antaranya adalah:

  1. Status tindakan dari tinjauan manajemen terdahulu;
  2. Perubahan isu internal dan isu eksternal yang relevan pada saat sistem manajemen mutu.
  3. Informasi kinerja dan keefektifan dari sistem manajemen mutu, termasuk kecenderungan:
  4. Kepuasan pelanggan dan umpan balik dari pihak terkait yang relevan
  5. Monitoring sasaran mutu
  6. Kinerja dimasing-masing proses/layanan/bagian
  7. Ketidaksesuaian dan tindakan korektif CPAR
  8. Pemantauan dan pengukuran hasil
  9. Hasil audit (self asessment, asessment internal dan asessment hasil dari komite)
  10. Kinerja penyedia pihak eksternal.Kecukupan sumber daya
  11. Monitoring dan tindak lanjut mengurangi risiko dan mencapai peluang;
  12. Peluang peningkatan/saran, dll

Dari Rapat tersebut disepakati untuk eviden yang belum lengkap agar dapat segera dipenuhi sesuai dengan kontrak kinerja penyelesaian hasil penilaian Assesor Internal dan telah ditanda tanganani oleh Top Management dan Ketua TPM serta Tim Assessor Internal.

 

Selanjutnya diberikan catatan terhadap hasil temuan dan eviden yang telah lengkap. Dengan demikian Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2021 pada Pengadilan Agama Magelang telah siap dan hanya tinggal menunggu jadwal waktu Tim Assesment Eksternal yang akan ditentukan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama nantinya.

Kontributor : Firda Fachrin Nisa, Editor : Sapuan