Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Sosialisasi Tes Substansi Hukum Pengadaan Calon Hakim, Kabiro Hukum dan Humas MA: Patuhi Tata Tertib dan Kesiapan Peserta Ditekankan

Magelang – (23/11/2023) Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Dr. Sobandi, S.H., M.H., mengadakan acara sosialisasi tes substansi hukum secara virtual untuk seleksi pengadaan calon hakim. Acara ini dihadiri oleh para pejabat eselon 1 dan 2 di lingkungan MA.

Dalam sambutannya, Dr. Sobandi menyoroti pentingnya menjaga netralitas dalam konteks politik yang sedang berlangsung. “Di masa politik ini, setiap peserta harus menjaga netralitasnya secara tegas. Kita membutuhkan hakim yang dapat berdiri di atas kepentingan pribadi dan kelompok,” ujarnya.

Beliau juga menekankan pentingnya kesiapan peserta dalam mengikuti ujian calon hakim. “Saya berharap agar para peserta dapat belajar dengan sungguh-sungguh, karena tugas sebagai hakim membutuhkan integritas, kecerdasan, dan keberanian untuk memberikan keputusan yang adil,” tambahnya.

Sebagai bagian dari persiapan, Kabiro berharap peserta dapat mengikuti tata tertib dan teknis pelaksanaan tes yang akan disampaikan lebih lanjut. “Keberhasilan tes substansi hukum ini sangat bergantung pada kedisiplinan dan pengetahuan yang dimiliki peserta. Oleh karena itu, ikutilah panduan dan tata tertib dengan seksama,” tegasnya.

Salah satu peserta dari Pengadilan Agama Magelang, Mohammad Dewa Bagas Perdana, S.H., dijadwalkan akan menjalani tes substansi hukum pada hari Senin, tanggal 27 November 2023. Hal ini merupakan tahap lanjutan dari peserta untuk menunjukkan kompetensinya dalam memahami dan mengaplikasikan aspek substansi hukum.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan harapan kesuksesan bagi semua peserta yang akan mengikuti seleksi calon hakim. Mahkamah Agung berharap agar tes ini dapat menghasilkan hakim-hakim yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi positif bagi peradilan di Indonesia.