Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Perkuat Keamanan Website, PPNPN PA Magelang Ikuti Bimtek di Hotel Sunan Solo

Magelang – Salah satu Pegawai Pemerintahan Non Pegawai Negeri (PPNPN) Pengadilan Agama Magelang Muhamad Choirul Imam, S.H bersama 39 PPNPN Pengadilan Agama Se-Jateng mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Keamanan & Pengelolaan Website Peradilan.

 

Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang bekerja sama dengan PT Jala Lintas Media yang bertempat di The Sunan Hotel Solo pada rabu 27 Oktober 2021 s.d kamis 28 Oktober 2021.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Suparijanto Sigit, S.H., M.M. selaku Kabag Perencanaan dan Kepegawaian PTA Semarang.

Dalam sambutannya, Suparijanto Sigit memotivasi PPNPN Se-Jateng untuk meningkatkan kemampuan di bidang Teknologi Informasi khususnya pengelolaan website satuan kerja. Selain itu beliau mengapresiasi peserta yang selama ini telah aktif melaksanakan pengelolaan dan pengamanan website.

Materi pertama disampaikan oleh bapak Kahfi Alfarisi Firdaus dari PT Jala Lintas Media. Materi yang disampaikan tentang Keamanan Website dan Hosting. Dalam materi ini dibahas dan dijelaskan mengenai cara agar website aman dari hacker-hacker yang menyerang website.

Materi kedua disampaikan bapak Sandi Susanto dari PT Jala Lintas Media mengenai Mikrotik dan Jaringan. Dalam kaitan materi ini dijelaskan mengenai penempatan dan pemilihan template juga plugin yang direkomendasikan untuk dipasang di website Pengadilan Agama masing-masing.

Materi ketiga disampaikan oleh bapak Mardiko Hesti Wicaksono, S.Kom dari PTA Semarang tentang Aplikasi E-Audit yang mana aplikasi ini adalah inovasi dari badilag untuk mengaudit keadaan perkara dan keuangan perkara  secara online.

Materi keempat, disampaikan oleh bapak Eko Riyanto S.Kom, tentang aplikasi SINDORO.  Pemateri menjelaskan mengenai proses pencatatan masuk dan keluarnya surat dari pihak lain. Kemudian diinput ke dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi ini juga digunakan untuk mempermudah pengiriman surat ke PA se-Jateng secara online dan diharapkan aplikasi ini bisa berkembang ke PA di luar Jawa Tengah untuk mempermudah pengiriman surat secara elektronik.
Kontributor : Muhamad Choirul Imam
Editor : Sapuan