Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Pertajam Kemampuan Manajerial, Sekretaris dan Kasubag PTIP PA Magelang Ikuti Bimtek di Solo

Magelang – Sekretaris PA Magelang Adhi Kurniawan, S. Kom. didampingi Kasubag PTIP (Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan) Ubaedul Khakim, S.H. mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) Peradilan Agama Se-Jateng 27 sampai dengan 29 Oktober 2021.

Rakor dan Bimtek terfokus pada Perencanaan Anggaran dan Akuntabilitas Kinerja satuan kerja Pengadilan Agama se-Jateng. Pelaksanaan kegiatan dipusatkan di The Sunan Hotel, Surakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Dalam penyampaian materi Bimtek, narasumber mengatakan bahwa barometer keberhasilan dalam pelaksanaan program adalah kinerja yang sudah terukur, ujar Rizqi Widi Feirdani, S.E, Kepala Subbagian Evaluasi pada Biro Perencanaan dan Organisasi BUA Mahkamah Agung RI.

“Indikator Kinerja Utama (IKU) , sebetulnya bukan hal asing, tiap tahun kita diwajibkan untuk mereview IKU. Ke depan Mahkamah Agung mengembangkan E- Sakip yang terintegrasi SIPP dan E -Kinerja sehingga kinerja perindividu bisa terukur,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa komponen-komponen Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah ( SAKIP ) sudah disiapkan templatenya. Tinggal disesuaikan di satker masing-masing.

“Untuk dokumen IKU, setelah halaman judul kemudian dilampirkan Surat Keputusan (SK). Penetapan SK di review setiap tahun, semua dilakukan pembaharuan setiap tahun. Mohon diberikan narasi bilamana ada perubahan,” pesannya lagi.

Menurutnya lagi inti dari IKU adalah pada matrix IKU berdasarkan SK KMA Tahun 2016. Untuk Matrix IKU yang terbaru sedang disesuaikan. Di Pengadilan Agama kinerja utama, sasaran strategis, beberapa indikator harus kita ukur perbulan (diinput di E-SAKIP).

IKU menetapkan sasaran dan indikatornya, sasaran strategis diambil dari Renstra, turunannya nanti adalah RKT dan PKT. Dan untuk menentukan target harus berhati-hati, harus berdasar data tahun-tahun sebelumnya. Dan yang lebih penting lagi adalah harus ada kesesuaian antara Renstra, RKT , PKT dan LKJiP.

Kontributor : AdhiKurniawan
Editor : Sapuan